Fakta Masker Kain Filter Hepa

PelajarWp.com. Halo sobat semua pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah informasi mengenai Fakta Masker Kain Filter Hepa terbaru untuk kalian semua.

Ya sebelum admin menjelaskan fakta apa saja dari masker kain filter hepa ini, admin terlebih dahulu akan menjelaskan latar belakang dari pembahasan fakta masker ini.

Ya seperti yang sudah kita ketahui pada saat ini tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh negara di dunia sedang mengalami masa pandemi Covid-19 atau Corona.

Di indonesia sendiri virus ini mulai mucul pada awal maret di tahun 2020 hingga saat ini virus ini di yakini masih ada dan belum terselesaikan masalah ini.

Nah banyak sekali upaya pemerintah Indonesia untuk mencegah penyebaran virus ini namun hingga saat ini virus ini menjadi salah satu maasalah yang cukup rumit .

Berikut di bawah ini adalah beberapa upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 .

LOCKDOWN ( PSBB)

Setelah adanya kasus yang terjangkit virus Corona di beberapa daerah khususnya dari kota jakarta yang peningkatan penyebarannya cukup banyak, pemerintah memutuskan untuk melakukan PSBB.

Jika ada yang belum mengetahui apa itu PSBB, tenang admin akan menjelaskannya untuk kalian semua agar kalian juga tidak terlalu bingung dengan pembahasan selanjut nya dari admin.

Jadi PSBB adalah sebuah kependekan dari pembatasan sosial berskala besar.

Pada masa PSBB ini banyak kegiatan yang tidak boleh di lakukan secara sembarang, khususnya kegiatan yang berada di lingkungan terbuka.

Bahkan kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di kampus harus di lakukan di rumah.

Tidak hanya proses pembelajaran kegiatan bekerja pun di lakukan dirumah, hal ini di lakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Tentu saja dengan ada nya sistem seperti ini banyak sekali dampak yang di hadirkan, seperti banyak nya orang orang yang kehilangan mata pencaharian mereka.

Tidak hanya sistem PSBB yang di lakukan pemerintah, ada juga sebuah protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah untuk tetap di lakukan seperti, mencuci tangan, memakai masker saat bepergian.

Nah sesuai dengan protokol kesehatan yang pemerintah himbau agar selalu memakai masker, maka admin akan membahas sedikit mengenai filter hepa masker.

Meskipun ada himbauan dari pemerintah mengenai penggunaan masker yang harus di lakukan oleh masyarakat agar mereka terhindar dari penyebaran virus corona.

Namun tidak semua masker dapat menghentikan penyebaran virus corona ini, contohnya masker scuba yang beberapa waktu yang lalu di permasalahkan karena di anggap tidak layak pakai.

Nah kali ini muncul lagi masker kain filter hepa yang masih di pertanyakan kualitas nya, untuk itu jika kalian yang penasaran dengan masker ini, simak penjelasan admin berikut ini.

Dibawah ini admin akan menjelaskan sedikit mengenai fakta dari masker kain ini, disimak baik baik ya agar tidak ada kesalah pahaman.

Fakta Masker Kain Filter Hepa

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa masker kain yang menggunakan atau mengandung bahan filter HEPA lebih efektif dibandingkan dengan masker N95 dalam mencegah penularan berbagai virus, termasuk Covid-19.

Tapi dalam riset itu juga di ungkapkan bahwa penggunaan masker kain filter hepa ini tidak dianjurkan untuk penggunaan di area muka atau wajah di karenan berbahaya bagi kesehatan.

Nah dari dua paragraf di atas tentu saja kalian akan merasa kebingungan bukan, jadi kesimpulannya apakah masker ini layak digunakan atau tidak ? simak penjelasan lanjutan nya berikut ini.

Filter HEPA merupakan bahan yang biasa digunakan untuk menyaring debu dalam vacuum cleaner. Bahan ini juga umum ditemukan dalam berbagai air purifier.

kedua fakta di awal yang tadi admin informasikan adalah sebuah kesimpulan dari dari tim peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Northwestern yang telah melakukan penelitian masker dari sejumlah kain, mulai dari kaus sampai jeans.

Semua penelitian itu di maksudkan untuk mencari bahan masker apa yang bisa membantu mencegah penyebaran covid-19.

tidak hanya itu Mereka juga menguji N95 dan masker bedah, yang lebih umum digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan.

Penelitian dilakukan dengan kecepatan partikel yang cukup tinggi, yakni sebanding dengan batuk atau napas berat hal ini menunjukan bahwa mereka sangat serius terhadap penelitian ini.

Bahkan para peneliti menguji keefektifan kain yang berbeda dalam menyaring partikel antara 0,02 dan 0,1 mikrometer, seukuran dengan sebagian virus.

Salah satu peneliti, Eugenia O’Kelly dari Fakultas Teknik Cambridge, menyatakan bahwa para peneliti berkonsultasi dengan komunitas penjahit online untuk mengetahui jenis kain apa yang mereka gunakan untuk membuat masker.

Karena kekurangan masker N95 pada saat itu, beberapa peneliti melaporkan bahwa mereka bereksperimen dengan memasukkan kantong vakum filter HEPA ke dalam masker.

Para peneliti menemukan bahwa kantong vakum baik yang sekali pakai atau yang dapat digunakan kembali efektif dalam memblokir partikel-partikel kecil.

Namun para peneliti menyatakan bahwa kantor filter HEPA sekali pakai tidak boleh digunakan sebagai masker wajah. Pasalnya, ada komponen yang mungkin terlepas saat pemotongan, dan mungkin mengandung bahan komponen yang tidak aman untuk dihirup.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa masker kain yang biasa diproduksi oleh usaha rumahan, dinyatakan memiliki efektifitas lebih bila terdiri atas beberapa lapis kain.

Efektifitas juga semakin meningkat beberapa lapis kain tersebut dijahit kuat dan diberikan bahan tambahan yang kaku seperti yang ada di kerah baju.

Namun, hal ini juga membuat bernafas semakin sulit bila dibandingkan dengan masker N95.

Para peneliti juga mempelajari kinerja kain saat lembab, dan setelah mereka melalui siklus pencucian dan pengeringan normal. Mereka menemukan bahwa kain bekerja dengan baik saat lembab dan bekerja cukup baik setelah satu siklus pencucian.

Namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pencucian berulang dapat menurunkan kualitas kain, dan para peneliti mengingatkan bahwa masker tidak boleh digunakan kembali tanpa batas waktu.

Akhir kata

Demikian informasi yang bisa admin berikan kepada kalian semua semoga dengan adanya artikel singka ini bisa membantu dan bermanfaat untuk sobat semua ya.

Dan jangan lupa juga untuk membagikan artikel singkat ini kepada orang terdekat kalian ahar merekan tidak ketinggal informasi ya.

Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini , pantau terus blog ini ya karena akan selalu ada update terbaru dari admin untuk sobat semua.

#STAYSAFE

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *